Minggu, 23 Januari 2011

Teori-Teori Manajemen

NAMA : ENDY SITUA PARDAMEAN
NPM : 32110369
KELAS : 1 DB 20
Tugas kesembilan : 29-12-2010

Teori-teori manajemen dibedakan menjadi beberapa jenis :
1. Teori Manajemen Kuantitatif
Teori ini berkembang pada awal perang dunia ke-2 di Inggris. Teori manajemen kuantitatif memusatkan pada pengambilan keputusan, efektivitas, dan efisiensi ekonomi.
Teori manajemen kuantitatif dibagi kedalam 3 teori, yaitu :
a. Ilmu Manajemen Murni, memusatkan kepada pengembangan model matematika. Model matematika yang mencerminkan sesuatu uraian sistem, proses, dll.
b. Manajemen Operasi, konsep ini lebih mengacu kepada situasi manajerial. Kita dapat menerapkan aneka aktivitas, proses,dan cara. Teknik lain manajemen operasi meliputi jaringan kerja, analisis titik pulang dan simulasi. Sehingga dapat diterapkan secara langsung pada bidang produksi, keuangan, pemasaran, dan SDM.
c. Sistem Informasi Manajemen, merupakan sistem yang di rancang untuk menyediakan informasi yang sistematis untuk para manajer dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian SIM dapat memberikan/menyediakan informasi yang di perlukan sehingga akan memperlancar pelakasaan tugas sesuai dengan bidang tugasnya. Selain itu juga dapat membantu para manajer dalam memenangkan persaingan bisnis perusahaan.

2. Teori sistem
Diartikan sebagai seperangkat unsur yang saling terkait dan berfungsi secara keseluruhan. Teori sistem dikenal sebagai Sistem Terbuka, yakni suatu sistem yang berinteraksi dengan lingkungan. Selain itu juga terdapat konsep-konsep lainnya yang menunjang teori sistem, yaitu :
• Subsitem
• Sinergi
• Entropi

3. Teori kemungkinan
Menganjurkan bahwa perilaku manajerial yang tepat akan sangat tergantung kepada situasi yang ada dan berbagi macam unsur yang ada pula. Hal yang harus diperhatikan dalam teori kemungkinan adalah :
• Perlakuan yang sama memberikan hasil yang sama
• Kemungkinan yang sama memberikan hasil yang sama
• Kemungkinan yang berbeda memberikan hasil yang berbeda
• Kemungkinan yang berbeda memberikan hasil yang sama

4. Teori Z
Teori ini di cetuskan oleh Wiliam Ouchi pada tahun 1984 sebagai upaya mengintegrasikan praktik bisnis di Amerika Serikat dan jepang. Menurut wiliam ada perbedaan 7 dimensi antara Manajemen perusahaan AS dan manajemen perusahaan Jepang, yakni :
• Lama kerja pegawai
• Mode pengambilan keputusan
• Lokasi pertanggungjawaban
• Kecepatan evaluasi dan promosi
• Mekanisme pengawasan
• Spesialisasi jalur karir
• Sifat perhatian terhadap pegawai

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

AmazingCounters.com
Best Buy Televisions