Minggu, 21 November 2010

PTN vs PTS

       Setiap pendidikan pastinya mempunyai berbagai tingkatan. Dimulai dari TK, SD, SMP, SMA, PT.
Kali ini saya akan menyoroti pada tingkatan Perguruan Tinggi (PT). Terkadang seusai kita lulus/tamat dari jenjang pendidikan SMA, sulit untuk menentukan jenis jenjang pendidikan PT (Perguruan Tinggi). Karena di Indonesia Perguruan Tinggi dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu : PTN (Perguran Tinggi Negeri) & PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Kualitas menjadi salah satu penentuannya. Sebelum jaman Orde Baru, tingkat Perguruan Tinggi di Indonesia hanya ada PTN. Bukan berati PTS belum ada, namun PTS-PTS pada saat itu namanya belum dikenal oleh masyarakat luas. PTN yang dahulunya sudah berdiri dan menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia adalah "Universitas Indonesia (UI)". Sehingga masyarakat Indonesia yang hidup pada jaman sebelum Orde Baru, saling berpacu untuk mendapatkan tempat (kursi) di PTN tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu tepatnya sesudah jaman Orde Lama Perguruan Tinggi baru pun bemunculan dan membesarkan namanya di seluruh wilayah Indonesia. Akhirnya, PTS pun mulai di kenal oleh masyarakat luas. PTS yang namanya sudah mulai dikenal adalah "Universitas Gunadarma (UG)". Hingga saat ini seiring dengan masuknya era globalisasi maka PTS yang lainnya mulai berdiri. Seperti (Trisakti, BSI, BINUS, dll ).

        Hal inilah yang mengubah cara berpikir masyarakat masyarakat Indonesia. Kalu dahulu, semua orang harus berpacu agar bisa masuk PTN. Tetapi sekarang, PTS juga menjadi pilihan utama. Akhirnya munculah beberapa Faktor yang memicu persaingan dan daya tarik masyarakat antar PTN & PTS.
Beberapa  faktor tersebut adalah :
1) Biaya
    Biaya menjadi salah satu Tolak ukurnya. Biaya yang terjangkau menjadi salah satu pilihan yang utama. namun, dari satu sisi biaya mahal merupakan perwujudan akan terciptanya pendidikan yang berkualitas.
Akhirnya, baik PTN & PTS membuka jalur Beasiswa. Beasiswa menjadi salah satu alat bantu bagi para masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikannya.

2) Kelengkapan sarana dan Prasarana kampus
    Sarana yang lengkap menjadi daya tarik masyarakat untuk memilih perkuliahan nya. Mulai dari ruang kelas yang nyaman, lingkungan yang bersih, sarana-sarana penunjang lainnya (Wi-Fi, pendingin ruangan, Laboratorium, dll).


3) Kualitas akademis
    Kualitas menjadi  salah satu hal yang terpenting. Dimulai dari kelengkapan Pengajar yang dimiliki dan Fakultas-fakultas yang dimiliki.
Sehingga dimana syarat tersebut sudah dimiliki oleh beberapa PT, maka masyarakat pun mulai memilihnya.


       Dilihat dari faktor tersebut tingkat kepuasan masyarakat dengan adanya PTN & PTS adalah seimbang. Hal ini dilihat dari Jumlah mahasiswa yang dimiliki. PTS sekarang ini sudah bisa bersaing dan memnempatkan posisinya setara dengan PTN bahkan secara tidak kita sadari, PTS sudah menempatkan posisinya diatas PTN. Salah satu Situs yang Berdomain /berpusat di luar Negeri mencatat tingkatan PTN & PTS yang khususnya di Indonesia.
Berikut adalah Rank/Tingkatannya : (www.webometrics.com)

WORLD RANK UNIVERSITY  SIZE  VISIBILITY  RICH FILES  SCHOLAR




















































       Dengan adanya tingkat posisi/rank dari suatu Perguruan Tinggi, maka kita tidak perlu untuk bingung dan ragu dalam menentukan pilihan PT saat ini. Kalu pilihan sudah ada dan dukungan dari orang tua, maka pilihan tersebut adalah pilihan yang tepat.

      Demikianlah topik postingan saya untuk saat ini. Semoga dapat bemanfaat, memicu semangat belajar dan cita-cita kita pun dapat tercapai.

Kurang lebihnya saya mohon maaf, apabila ada kesalahan dalam penataan bahasa, kesalahan dalam pendapat, dll.
Terima kasih.
  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

AmazingCounters.com
Best Buy Televisions