Kamis, 18 November 2010

Pengetahuan tentang komputer

Dimulai dari awal perkuliahan, saya mulai mempelajari tentang Komputer. Dengan Basic saya di jurusan Manajamen Informatika dituntut untuk bisa menjadi Programmer yang handal . Mata kuliah Algoritma dan pengantar sistem komputer menjadi pelajaran awal sebelum terjun lebih mendalam lagi ke bidang program yang lebih sulit. Praktek menjadi salah satu faktor penunjang untuk bisa menjadi Programmer handal. Awal praktek saya dimulai dari Basic Windows dan Qbasic .
Pengantar Windows dimulai dengan memahami isi dari Windows tersebut dan kegunaan nya. Masuk ke tingkat yang lebih lagi, yaitu : "Konsep Tree" . Berawal dari sebuah aplikasi Command Prompt kita bisa membuat folder dan Sub folder. Untuk mempelajari Konsep Tree, kita juga harus menghafal beberapa rumus. Cthnya : ATTRIB, REN, DEL, MD, CD, dll . Perintah" tersebut bisa kita dapatkan dengan mengetik "HELP" pada Command Prompt tersebut. Dibutuhkan pemahaman yang baik dan ketelitian untuk memahami Konsep tersebut, karena apabila terjadi kesalahan kita harus meneliti lagi letak kesalahan kita. Faktor-faktornya antara lain : salah memasukkan perintah, lupa untuk keluar dari sub folder.
Itulah salah satu Praktikum saya yang saya pelajari dan saya amati dari teman" saya yang mempraktekan nya juga.



Kemudian Qbasic. Memiliki konsep yang sama seperti Command Prompt, namun Qbasic menghasilkan jawaban dari Program yang sudah kita buat. Diperlukan Logika yang baik, untuk menganalisa beberapa macam kondisi dari program yang kita inginkan. Untuk menjalankan (RUN) Program yang sudah kita buat,  cukup dengan menekan tombol (F5) dan menginput data program tersebut. Qbasic menjadi tolak ukur untuk menjadi Programmer yang berkompeten dalam bidang nya. Kalau kita sudah mampu dalam Qbasic, maka kita sudah bisa dikatakan sebagai Programmer amatir. Dalam artian, sudah banyak memahami hal" tentang Qbasic. walupun ada tingkat yang lebih tinggi lagi daripada Qbasic. Yaitu: VB, Java, dll .



Demikianlah Cerita dari blog saya yang dapat saya bagikan kepada seluruh pengunjung Blog saya. Harap Maklum karena saya masih di semester 1. kurang dan lebihnya saya Mohon maaf.
terima kasih..

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

AmazingCounters.com
Best Buy Televisions