Rabu, 19 Januari 2011

Pemahaman Ilmu Manajemen

NAMA : ENDY SITUA PARDAMEAN
NPM : 32110369
KELAS : 1 DB 20
Tugas ketiga : 29-12-2010

Kata Manajemen merupakan kata serapan dari kata bahasa Inggris ”Management”, dalam bahasa indonesia ”Tata Laksana” yang berarti pengaturan atau cara kerja.
Pandangan para pakar Manajemen di kelompokkan sebagai berikut :
a. Manajemen sebagai suatu proses kerja sama dari dua orang atau lebih.
Manusia berkumpul untuk mencapai tujuan bersama pasti akan terjadi suatu proses. Maka akan banyak aktivitas yang akan di kerjakan melalui beragam tahapan sehingga tujuan tersebut dapat tercapai. Selain itu juga memberikan pemahaman akan pentingnya dinamika Organisasi.

b. Manajemen sebagai suatu seni mencapai tujuan.
Perbedaan gaya, pemikiran, filosofi manajer akan mempengaruhi pola kinerja yang di terapkan. Karena setiap peristiwa/kejadian yang muncul di pengaruhi berbagai faktor yang luas dan rumit. Maka akan membuat suatu manajer dalam mengambil keputusan berbeda dengan manajer lainnya.

c. Manajemen sebagai ilmu mempelajari kerja sama.
Ilmu diartikan suatu pengetahuan yang terorganisir dan yang sistematis. Maka Manajemen dapat dikatakn sebagai ilmu. Para manajer dapat memberikan definisi, analisa, dan mengukur berbagai fenomena/kejadian perilaku manusia. Sehingga dapat terbentuk suatu teori yaitu : Teori Manajemen.

Setiap Manajer harus mempunyai wewenang dan tanggung jawab. Manajer dapat di kelompokkan menjadi :
1. Menurut Tingkatannya
a. Manajer tingkat bawah
b. Manajer tingkat menengah
c. Manajer tingkat puncak

2. Menurut Fungsinya
a. Manajer produksi
b. Manajer Sumber daya manusia
c. Manajer Pemasaran
d. Manajer keuangan
e. Manajer Riset dan pengembangan.

Peran manajer menurut Henry Mintzberg dibagi kedalm 3 peran, yaitu :
1. Peran antar pribadi : meliputi peran figur, kepemimpinan, dan perantara.
2. Peran informasional : meliputi peran pemantau, penyebarluasan informasi, dan peran bicara.
3. Peran kemungkinan : merupakan pendekatan yang beranggapan keberhasilan praktik manajemen sangat dimungkinkan dengan situasi dan kondisi yang mendukung.

Manajer mempunyai beberapa tugas pokok, yaitu:
a. Mengelola pekerjaan dan organisasi
• Bertanggung jawab terhadap proses masukan sumber daya dan keluaran produk yang di produksi
• Berupaya bagaimana cara membuat produk secara efektif dan efisien.

b. Mengelola orang
Bertanggung jawab bagaimana suatu produk yang telah dihasilkan dapat sampai ke konsumen.

c. Mengelola semua unsur organisasi bisnis.
Bertanggung jawab terhadap pemuasan konsumen melalui penciptaan, pengembangan, dan variasi yang terus menerus berubah/berkembang. Serta penelitian terhadap bahan baku yang di gunakan untuk kepusan konsumen.

Etika manajemen harus dimiliki oleh para manajer. Berawal dari suatu konflik nilai dan konflik kepentingan diantara para pihak yang berada dalam posisi bertentangan. Oleh sebab itu para manajer dituntut untuk berpegangan pada prinsip moral universal dan harus memahami, mengerti mengenai prinsip moral yang di pegang teguh oleh manajer.


Demikianlah postingan saya kali ini dalm bidang Manajemen. Semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas, makalah, dll.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

AmazingCounters.com
Best Buy Televisions